E-Zine

Dapatkan informasi web ini di email anda.
Name
E-mail




Gratis Modul Pertama!
Belajar Internet Marketing, GRATIS Modul Pertama.

Website Template
Dapatkan ribuan website template. Promo Discount 50%, Murah!

Rahasia Keuangan
Rahasia Orang Kaya Yang Tidak Diceritakan Ke Kaum Miskin.

Ebook Travelling
Tips Hemat Jalan-Jalan Ke Luar Negeri.




PIRAMIDA - Argumentasi Sistem yang Tidak Fair

Mengapa kami mencoba menulis tentang Sistem Piramida dalam Bisnis?

"Buying Time With Fina.ncial Fre.edom" Salah satu peluang untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan mengikuti Bisnis dengan Skema Network Marketing. Di Indonesia sudah mulai banyak orang ingin memiliki penghasilan yang besar dan memiliki waktu yang cukup untuk menikmati penghasilan tersebut. Makin banyak orang yang ingin memiliki bisnis sendiri. Lalu sistem Network Marketing menjadi salah satu pilihan mereka.

Setelah melakukan riset di internet, banyak sekali artikel yang melarang kita untuk masuk ke dalam skema bisnis piramida. Tapi sebenarnya apa itu bisnis Piramida?

Skema Piramida disebut sebagai suatu sistem yang tidak sah dimana banyak orang yang berada pada lapisan terbawah membayar sejumlah uang kepada sejumlah orang yang berada di lapisan piramida teratas. Setiap anggota baru membeli peluang untuk naik ke lapisan teratas dan mendapat keuntungan dari orang lain yang bergabung kemudian.

Lalu bagaimana beda skema piramida dengan skema Network Marketing?

Kalau dilihat dari luarnya saja, sebenernya sama-sama memiliki struktur piramida kan? Karena dalam Network Marketing pun kita dapat dibilang sukses bila kita bisa membangun jaringan sebesar-besarnya.Tapi mengapa dalam bisnis Network Marketing struktur piramida tersebut menjadi sah?Jawaban kunci untuk pertanyaan ini adalah NILAI.

Dalam bisnis M.LM yang sah ada NILAI yang bergerak ke atas dan ke bawah. Seorang yang baru bergabung akan menyetorkan sejumlah untuk UNTUK mendapatkan sejumlah barang. Bisnis yang sah akan menekankan dalam pergerakan NILAI ini.Dalam skema piramida yang tidak sah, tidak ada NILAI yang bergerak ke bawah. Seandainya pun ada, itu hanya sebagai kedok saja.

Contoh aturan skema piramida yang tidak sah:
1.Biaya Pendaftaran keanggotaan berikut paket produk, sangat mahal;
2.Harga dari produk-produknya tidak masuk akal;
3.Sistim dibuat menyerupai Penjualan Berjenjang;
4.Imbalan diberikan berdasarkan tersusunnya jaringan berbentuk piramida dengan jumlah orang dalam format tertentu, fokus pada rekruting, bukan penjualan;
5.Anggota dibatasi untuk memiliki jumlah downline langsung yang telah ditentukan,dan anggota diberi kebebasan untuk memiliki lebih dari satu posisi;
6.Masa keanggotaan kadangkala berlangsung sampai format tertentu;
7.Program pemasaran skema piramida sangat rumit dan susah dipelajari;
8.Tidak ada pelatihan khusus untuk anggotanya yang membahas tuntas mengenai produk;

Jadi bisa kita lihat dalam contoh di atas, kalau dalam skema piramida yang tidak sah, tidak ada NILAI yang bergerak ke bawah. Ini berarti tidak ada produk sah yang dijual. Sistem ini hanya 'mempergunakan' struktur piramida untuk memperoleh uang dari mereka yang bergabung belakangan.

Sebagai pelaku bisnis M.LM, kami sering kali mendapatkan pertanyaan: Apakah bisnis anda ini termasuk sistem piramida? Bila kami tanya kembali: Menurut anda apa itu bisnis piramida?

Kebanyakan dari mereka menjawab dengan tidak pasti, seperti: Ya.. katanya sih bisnis piramida itu bisnis yang tidak sah (illegal) dan unsur penipuannya.Hal-hal seperti ini yang lalu mencoreng nama bisnis Network Marketing yang sah. Karena ketidak tahuan mereka atas apa sebenarnya bisnis piramida itu.

Coba sekarang kita lihat sebuah kantor pada umumnya. Di posisi paling atas ada seorang Chief Executive Officer (Owner), lalu ada Dewan Direksi, kemudian beberapa Manajer, dan lalu staff biasa. Paling banyak orang berada dalam level staff biasa. Siapa yang paling banyak melakukan pekerjaan? Staff biasa jawabannya. Siapa yang paling banyak mendapatkan uang? Presiden Direktur tentunya. Contoh : Bandingkan penghasilan yang di peroleh Bill Gates dengan seorang staff biasa di Microsoft. Apakah kantor ini menganut sistem piramida? Apakah orang yang melamar kerja di kantor tersebut akan bertanya: Apakah kantor anda ini termasuk sistem piramida?Strukturnya memang piramida, tetapi ada NILAI yang bergerak. Ada "produk" yang dihasilkan oleh para Staff, ini lah nilai yang bergerak ke atas, dan para staff mendapatkan upahnya, inilah nilai yang bergerak ke bawah.

Sekarang coba kita bandingkan dengan bisnis Network Marketing yang menganut struktur piramida yang sah. Dalam bisnis piramida yang sah, orang2 yang berada di level bawah adalah orang yang berada di level atas dari piramida mereka, dan apabila mereka pandai dalam menjalankan strategi marketingnya, mereka akan menerima pendapatan lebih banyak di bandingkan orang2 yang berada di level atas mereka. Mereka yang melakukan pekerjaan lebih baik akan mendapat pendapatan lebih banyak.

Dengan kata lain apa bila anda tidak melakukan penjualan, dan tidak membantu downline anda untuk melakukan penjualan, anda tidak akan menerima apa-apa. Jadi, dalam bisnis yang menganut struktur piramida yang sah, dimanapun posisi anda, anda akan memiliki kesempatan yang sama dengan anggota lainnya, untuk menjadi "CEO (Owner)" dari bisnis anda. Lebih adil bukan?

Ali Indradjit
The Future Belong to Those Have Seen before it became Obvious
www.bisnisviainternet.info

Labels: