Usaha Untuk Anak Kos

Beberapa bulan yang lalu, para anggota Milis Dunia-Wirausaha pernah berdiskusi mengenai usaha penyewaan rumah petak dan kos-kosan. Ternyata diskusi tersebut disambung kembali oleh topik yang masih berhubungan, yaitu, membuat suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan para anak kos.

Berikut adalah rangkuman ide dan masukan tentang jenis-jenis usaha yang sepertinya cukup dibutuhkan oleh lingkungan kos-kosan:

Mulai dari usaha yang cukup sederhana seperti membuka kios minuman, katering, atau warteg sederhana paling tidak untuk menyediakan makan pagi. Selain itu, apabila kos-kosan tersebut tidak menyediakan pelayanan pencucian pakaian, jasa laundry kecil-kecilan nampaknya bisa pula menjadi alternatif.

Mengingat banyaknya kebutuhan mahasiswa umumnya akan komputer, ide yang banyak muncul adalah yang berhubungan dengan usaha penyediaan koneksi internet. Dari beberapa contoh kasus yang dikemukakan anggota milis Dunia Wirausaha, ada usul untuk menyediakan usaha yang meng-supply koneksi internet ke para mahasiswa kos dengan harga murah (kemungkinan pemiliknya langganan ISP yang dedicated, lalu dibagi-bagi).

Selain itu, seperti yang sekarang banyak bermunculan adalah usaha penyewaan komputer, jangan lupa sediakan printer dan scanner. Kalau perlu, sekalian install software games dengan network local (LAN) atau usaha game station dengan PS2. Bisa menjadi alternatif hiburan bagi para anak kos ditengah kesibukan kuliah dan tugas. Apalagi jika menyediakan aneka jualan softdrink, jus, roti, mi bakso dan segala masakan, plus, suasananya yang dibuat sedemikian hingga 'asik' untuk nongkrong.

Apabila kebetulan mempunyai lokasi yang bagus dan strategis namun tidak mau repot tapi tetap ingin menyediakan masakan, alternatif yang bisa dilakukan adalah menyediakan tempat tersebut untuk berjualan alias disewakan harian, supaya jatuhnya relatif lebih murah. Yang harus disediakan tentunya meja, kursi, tempat cuci piring dan lain-lain.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih berbagai jenis usaha diatas adalah typical anak kos-nya misalnya menengah atau menengah keatas hingga kebutuhannya juga bisa disesuaikan. Selain itu, mungkin perlu ada kebijakan yang pas untuk para KOSers yang suka ngutang, maklum...mahasiswa!

"If you work just for money, you'll never make it, but if you love what you're doing and you always put the customer first, success will be yours"-Ray Kroc

Labels: