Membangun Bisnis Dari Rumah Dengan Internet Marketing

Berbagai media seakan berlomba-lomba untuk membahas masalah bisnis online dengan menerapkan internet marketing. Ya memang topik ini masih relatif baru, bahkan mungkin anda pun tidak terbayang apa itu internet marketing.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memperkirakan adanya lonjakan hampir 50% pada jumlah pengguna internet di Indonesia dari tahun 2004 (11 juta pemakai) ke akhir tahun 2005 (16 juta pemakai). Sayang nya pada saat buletin ini dibuat, website APJII www.apjii.or.id belum memperbaharui data untuk tahun 2005.

Dengan makin banyaknya orang yang terhubung ke internet, berarti makin besar pasar untuk menjalankan bisnis anda dengan praktek internet marketing.

Pada dasarnya, hampir semua jenis bisnis bisa melakukan praktek internet marketing dalam hal pemasaran bisnisnya. Misalkan saja untuk produk home industry tas atau sepatu. Dengan menjalankan praktek internet marketing yang baik dan benar, penjualan tas atau sepatu bisa mencapai segala penjuru Indonesia.

Yang menarik lagi, banyak jenis bisnis yang memang dibuat khusus untuk dunia internet. Contoh saja pembuatan EBook. EBook adalah buku elektronik, layaknya buku yang biasa anda baca, tetapi anda mendapatkannya dan membacanya melalui komputer anda. Para penulis berlomba-lomba menuliskan karangannya, membuatnya dalam bentuk EBook dan menjualnya melalui internet. Dengan begini penulis tidak perlu berurusan dengan penerbit, dan langsung mengantongi hasil penjualan EBook nya.

Untuk mereka yang tidak memiliki produk ataupun jasa yang bisa dijual. Internet memberikan peluang bagi anda untuk menjadi reseller / affiliate. Dimana para reseller / affiliate ini menerima komisi sekian persen untuk setiap produk yang berhasil dijual.

Para pelaku bisnis online, seakan memiliki toko yang buka terus menerus. Dengan memiliki sebuah website, calon pembeli dapat melihat-lihat produk dan melakukan transaksi kapanpun. Memiliki sebuah website pun sekarang tidak sulit dan tidak terlalu mahal.

Memiliki toko yang buka 24 jam tanpa sebuah bangunan, tidak perlunya menggaji karyawan untuk menjaga toko, juga tidak adanya ongkos transportasi berarti memperkecil anggaran bisnis. Memang masih diperlukan anggaran untuk koneksi internet. Tapi tetap lebih besar penghematan yang terjadi jika sebuah bisnis dijalankan dengan praktek internet marketing. Hal ini pun terbukti dengan makin banyaknya pengusaha yang mengembangkan bisnis nya melalui internet.

Labels:


Baca selengkapnya!

Bisnis Pulsa Elektronik

Topik ini memang pernah dibahas di buletin Dunia Wirausaha sebelumnya. Tetapi karena topik ini masih sering menjadi topik hangat di milis Dunia Wirausaha, pengurus merasa perlu untuk menampilkannya lagi di buletin edisi ini. Berikut adalah cuplikan dari beberapa email member mengenai bisnis pulsa elektronik via internet:

(catatan: pengurus merasa perlu melakukan pengeditan demi kenyamanan para pembaca buletin)

"Di Indonesia jumlah pengguna handphone sekitar 27 juta orang, 90 persennya pengguna prabayar, mereka ata-rata menghabiskan pulsa Rp.100,000,- per bulan. Penjualan pulsa online menggunakan sistim viral marketing. Peserta akan mendapat diskon 40 s/d 70 persen dari profit margin sehingga harga pulsa yang diperoleh sebagian besar lebih rendah daripada harga pulsa di agen (contoh untuk pulsa mentari 100K dengan diskon 40 persen profit margin harganya Rp.98.600,- diskon 50 persen Rp. 98.250,- diskon 60 persen Rp. 97.900,- dan diskon
70 persen harganya Rp.97.550,-).

LEBIH PRAKTIS: kapanpun kita, saudara, tetangga atau kawan kita ingin mengisi pulsa bisa kita lakukan sendiri, 24 jam sehari melalui handphone kita sendiri selama deposit kita mencukupi.

POTENSI MERAIH SUKSES LEBIH BESAR-LEBIH MUDAH MEMBANGUN JARINGAN: karena pulsa handphone telah menjadi kebutuhan bagi sangat banyak orang, harga yang diberikan juga lebih murah daripada harga di agen dan proses pengisian ulang pulsa yang lebih praktis maka jaringan viral marketing jauh lebih mudah kita bangun dan jaringan yang kita bangun tersebut setiap bulan dengan sendirinya lebih memilih mengisi ulang. Selain itu kita akan mendapat banyak keuntungan lain seperti bonus rekrutmen/jaringan yang besarnya Rp. 12.000,- untuk level I dan Rp. 4.000,- untuk level II s/d level V. Biaya pendaftaran hanya Rp. 120.000,-, biaya tersebut sudah termasuk deposit Rp. 60.000,- yang bisa kita gunakan untuk isi ulang pulsa."

"Anda tidak harus memiliki kios atau toko untuk mulai menjual pulsa. Cukup dengan handphone yang dimiliki saat ini, anda sudah dapat melakukan transaksi isi ulang pulsa elektronik hanya dengan kirim SMS kapanpun dan dimanapun anda berada..diseluruh Indonesia bahkan dunia. Asalkan handphone yang telah anda daftarkan memiliki sinyal untuk SMS maka transaksi dapat
dilakukan..bahkan 24jam nonstop.

Pulsa saat ini menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian besar manusia. Kebutuhan akan pulsa itu menjadikan bisnis voucher tidak akan sepi dari pembeli. Meski profit per transaksi tidak terlalu besar, bisnis pulsa mampu menghasilkan profit yang tidak kecil. Ini disebabkan repeat order
yang tinggi dan jumlah pembeli yang terus bertambah."

"Bentuk usaha mudah ,simple dan mobile. Harusnya memang ada survei tempat/ toko/conter untuk berjualan. Tapi hal tersebut kini sudah tidak mutlak. Anda bisa berjualan pulsa hanya bermodalkan handphone+kartu mentari/Xl anda. Kartu anda lalu akan diaktifkan sbagai "multy trx"dan diisikan sejumlah saldo.dalam waktu kurang dari 1 jam anda sudah Bisa berjualan pulsa."

"Untuk berjualan pulsa melalui internet anda akan mendapatkan sebuah website gratis. Dengan website ini anda dapat menjual pulsa juga mencari reseller yang akan tergabung pada jaringan anda. Semua fasilitas ini diberikan secara gratis."

"Menurut saya usaha pulsa hanya punya 2 keunggulan, yaitu harga dan kecepatan. Dulu saya tidak terlalu mempedulikan kecepatan, tapi lama2 mengganggu juga. Ada cerita dari seorang temen yg usaha jualan pulsa. dia berlangganan di 2 master pulsa dan ada seorang pelanggan yg beli pulsa. Setelah lama pulsanya tidak masuk2, dan pelanggannya pasti protes. akhirnya dia pesan lagi ke master pulsa satunya dan bisa langsung masuk. Setelah masuk itu, yg dari master pulsa yg pertama juga masuk. praktis dia rugi karena dia hanya menerima sekali dan harus bayar ke master pulsa 2x. Jadi jangan lupa pertimbangkan masalah kecepatan ketika memilih bisnis pulsa"

"Jika modal Anda lebih dari 10 juta, itu berarti Anda hrs menjadi seorang dealer voucher. Jangan ritel voucher yang hanya melayani end customer. Seorang dealer mestinya membawahi (downline) beberapa ritel kecil di lingkungan Anda. Dan Anda akan memperoleh harga yang lebih murah, atau potongan harga daripada menjadi ritel. "

"Memang saya menjalankan usaha voucher elektrik dengan modal 500ribu. Diasumsikan kita sudah punya HP dan no simcard terdaftar di dealer pulsa. Saat ini banyak dealer pulsa yang menjual paket lengkap ( dengan 1 simcard sudah dapat bertransaksi dengan berbagai operator ). Deposit saldo pulsa ada yang bisa lebih kecil dari 500ribu. Paling tidak dengan modal hp bekas yang monokrom keluaran lama sudah lumayan handal untuk transaksi pulsa."

"Dengan adanya banyak bisnis pulsa via internet. Punya HP menjadi tidak mutlak. Karena transaksi bisa dilakukan melalui website"

"Di bisnis voucher elektrik ada banyak dealer pulsa dengan keunggulan masing-masing. Ada dealer yang unggul di operator x jenis pulsa y...ada yang unggul di operator a dan voucher jenis b...macem-macem. Sehingga jika mau cari harga yang murah disemua operator paling tidak minimal harus berlangganan 4 dealer."

"Wah kalau bisnis pulsa untungnya memang kecil...seperti jual beras...Memang dalam bisnis ini yang dibutuhkan perputaran omzet yang cepat. Enaknya pulsa tidak mengenal musim....dan...mudah dijalankan...bahkan tanpa toko fisik sekalipun."

"Untuk memulai bisnis pulsa HP fisik atau elektrik di Jakarta ini lebih gampang untuk datang langsung ke pusatnya salah satunya Roxy. Usaha pulsa ini marginnya tipis, supaya mendapatkan keuntungan besar ya transaksinya yang diperbanyak..."

"Memang untuk usaha voucer di suatu kota lebih enak mengambil dari distributor/agen kota setempat, yang namanya usaha tidak selalu lancar Jika agen kita ada dalam satu kota saat ada masalah komplain lebih irit karena kita bisa langsung telpon lokal, atau bisa datangi langsung."

Labels: ,


Baca selengkapnya!