Mengapa Menggunakan Seorang Analis Bisnis?

Ada beberapa orang bisnis yang tidak yakin mengapa mereka memerlukan seorang analis bisnis. Akan sulit untuk membuat keputusan semacam ini. Cara termudah untuk menentukan apakah sebuah bisnis dapat diuntungkan oleh seorang analis bisnis atau tidak ialah memutuskan apa yang ingin diselesaikan / dicapai oleh bisnis tersebut. Apabila terdapat masalah yang tidak dapat ditemukan, maka akan menguntungkan jika perusahaan tersebut menyewa seorang analis bisnis.

Tidak semua analis bisnis harus dipanggil dari luar. Mungkin ada satu pribadi yang berkualitas dalam perusahaan tersebut yang dapat memenuhi kualifikasi seorang analis bisnis. Mungkin seseorang di departemen IT, mungkin juga seseorang yang terbiasa dengan kinerja semua departemen. Pencarian secara cepat untuk menentukan calon yang kompeten dapat menentukan masalah ini.

Seorang analis bisnis dapat membantu merumuskan sebuah rencana tindakan yang memungkinkan para pemilik saham untuk menemukan di mana munculnya masalah. Melalui riset dan data seorang analis bisnis dapat membantu untuk mengurangi masalah. Sekali masalah ditemukan, seorang analis bisnis mampu menentukan arah mana yang harus ambil sebagai langkah terbaik. Laporan proyek dapat dibuat dengan menuliskan langkah-langkah yang diperlukan sebagai pemecahan masalah.

Seorang analis bisnis yang baik akan dapat bertindak sebagai penghubung antar departemen. Ia mampu berbicara kepada tiap departemen. Manakala tim departemen mungkin gagal atau kedua mempertanyakan diri mereka sendiri, analis bisnis mampu untuk memotivasi mereka. Ia akan mampu untuk menunjukkan kelebihan dari masing-masing individu yang memungkinkan tim tersebut untuk secara agresif melakukan pendekatan kepada tugas masing-masing. Seorang analis bisnis yang berkualitas akan mampu untuk menyatakan kebutuhan dari pemilik saham serta pada akhirnya menerangkan ke departemen IT dan departemen lain yang terlibat dapat memahaminya.
Ada saat dimana pemilik saham dengan tim pengembang tidak sepaham dimana masing-masing menyatakan sesuatu yang berbeda. Seorang analis bisnis yang berkualitas akan mampu membuat keadaan dimana kedua tim tersebut dapat mengerti apa yang dibutuhkan.

Kalau seorang analis bisnis tidak mau banyak bertanya dan mendengarkan, maka seluruh proyek dapat dikatakan kacau balau. Semuanya tergantung pada seorang analis bisnis untuk menimbang semua fakta serta melakukan pengkajian yang diperlukan agar setiap orang mengerti apa yang diperlukan. Sekali tim mengetahui apa mereka perlukan, analis bisnis dapat terus membuat masing-masing mereka memperoleh informasi atas kinerja masiing-masing mereka dan penyelesaian tugasnya.

Untuk jangka panjang, seorang analis bisnis dapat menjadi asset bagi perusahaan untuk beberapa tahun. Ia dapat membangun suatu hubungan dengan masing-masing tim dan departemen dalam perusahaan untuk program proyek mendatang yang dikembangkan. Sehubungan dengan tersedianya teknologi baru seorang analis bisnis akan dapat memberi informasi kepada pemilik saham mengenai apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkannya sebagai kinerja perusahaan. Sumber daya dari luar lebih mudah dicari daripada seseorang yang terbiasa dengan program proyek dan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas. Pengalaman seorang analis bisnis akan terlihat ketika ia memimpin pertemuan untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi. Visi sebuah perusahaan dapat dirancang oleh seorang analis bisnis yang berkualitas.

Baca selengkapnya!