Usaha Cafe Skala Kecil

Bila kebetulan anda mempunyai rumah dengan halaman yang luas, mengapa tidak menjalankan usaha cafe kecil-kecilan?

Salah seorang anggota milis Dunia Wirausaha -- yang memiliki halaman rumah cukup luas juga berjarak cukup dekat dengan sebuah SMP -- terfikir akan hal ini dan menanyakan pada anggota milis lainnya mengenai hal- hal apa saja yang harus dipersiapkan, juga strategi dan tips trik lain yang berhubungan.

Inilah saran dari diskusi yang berlangsung:

Bila targetnya memang anak sekolah apalagi SMP, kemungkinan besar mereka tidak menyukai kopi, lebih prefer soda/soft drink, yoghurt atau juice. Menu yang a la café tapi dengan harga anak SMP. Dari pengamatan, sepertinya banyak warung tenda atau warung teras yang menyediakan bubur ayam yang ternyata banyak diserbu para ABG, tapi bubur ayamnya yang special tentunya. Karena bubur ayam termasuk makanan ringan setengah berat, makannya tinggal nelen tanpa ngunyah, bisa dinikmati sambil minum yang dingin atau yang hangat dan mendengarkan musik sambil ngobrol.

Dalam hal service perlu juga memperhatikan kecepatan dalam melayani, pramusaji yang ramah dan suasana serta dekorasi kafe yang enak buat ngumpul-ngumpul anak smp.

Bila memang ingin menggunakan slogan cari yang berasosiasi dengan kata "nongkrong" atau kumpul2 bareng atau "hangout" yang pas untuk abg.

Tentukan pula masalah jam/waktu yang diharapkan dapat mengundang pengunjung paling banyak. Misalnya: saat istirahat siang atau after school? Atau misalnya malam minggu?

Perlukan menyediakan hiburan?
Biasanya kalo ngumpul anak-anak abg senangnya mengobrol, jadi kalaupun menyediakan hiburan bisa berupa tv cable yang paling sering menyiarkan channel musik.

Atau bisa pula sediakan mereka sarana utk "tampil" kecil2an, alat musik seperti gitar misalnya, jadi mereka bisa tampil unplugged.

Yang penting, tampilakn citra “café” yang positif.

Yang lain?
Sediakan paket ulang tahun.

Ada pula usul yang cukup menarik yaitu sediakan semacam tempat dimana mereka bisa mengolah sendiri aneka jus, soda itu tadi lengkap dengan mixer dan hiasan.

trus ada lomba minuman paling enak dan kreatif of the week ;-). Misalnya dgn 15rb, mereka dapat es batu, susu kental manis, sirop merah, soda, jelly, aneka buah dll.

Labels:


Baca selengkapnya!

Usaha Untuk Anak Kos

Beberapa bulan yang lalu, para anggota Milis Dunia-Wirausaha pernah berdiskusi mengenai usaha penyewaan rumah petak dan kos-kosan. Ternyata diskusi tersebut disambung kembali oleh topik yang masih berhubungan, yaitu, membuat suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan para anak kos.

Berikut adalah rangkuman ide dan masukan tentang jenis-jenis usaha yang sepertinya cukup dibutuhkan oleh lingkungan kos-kosan:

Mulai dari usaha yang cukup sederhana seperti membuka kios minuman, katering, atau warteg sederhana paling tidak untuk menyediakan makan pagi. Selain itu, apabila kos-kosan tersebut tidak menyediakan pelayanan pencucian pakaian, jasa laundry kecil-kecilan nampaknya bisa pula menjadi alternatif.

Mengingat banyaknya kebutuhan mahasiswa umumnya akan komputer, ide yang banyak muncul adalah yang berhubungan dengan usaha penyediaan koneksi internet. Dari beberapa contoh kasus yang dikemukakan anggota milis Dunia Wirausaha, ada usul untuk menyediakan usaha yang meng-supply koneksi internet ke para mahasiswa kos dengan harga murah (kemungkinan pemiliknya langganan ISP yang dedicated, lalu dibagi-bagi).

Selain itu, seperti yang sekarang banyak bermunculan adalah usaha penyewaan komputer, jangan lupa sediakan printer dan scanner. Kalau perlu, sekalian install software games dengan network local (LAN) atau usaha game station dengan PS2. Bisa menjadi alternatif hiburan bagi para anak kos ditengah kesibukan kuliah dan tugas. Apalagi jika menyediakan aneka jualan softdrink, jus, roti, mi bakso dan segala masakan, plus, suasananya yang dibuat sedemikian hingga 'asik' untuk nongkrong.

Apabila kebetulan mempunyai lokasi yang bagus dan strategis namun tidak mau repot tapi tetap ingin menyediakan masakan, alternatif yang bisa dilakukan adalah menyediakan tempat tersebut untuk berjualan alias disewakan harian, supaya jatuhnya relatif lebih murah. Yang harus disediakan tentunya meja, kursi, tempat cuci piring dan lain-lain.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih berbagai jenis usaha diatas adalah typical anak kos-nya misalnya menengah atau menengah keatas hingga kebutuhannya juga bisa disesuaikan. Selain itu, mungkin perlu ada kebijakan yang pas untuk para KOSers yang suka ngutang, maklum...mahasiswa!

"If you work just for money, you'll never make it, but if you love what you're doing and you always put the customer first, success will be yours"-Ray Kroc

Labels:


Baca selengkapnya!

Franchise Jagung

Memulai sebuah usaha biasanya perlu banyak pertimbangan, antara lain, jumlah modal yang dibutuhkan. Bila anda tertarik untuk memulai sebuah usaha dengan modal yang relatif tidak membutuhkan biaya besar (bila dibandingkan dengan bisnis lain tentunya), nampaknya franchise yang satu ini cukup memberi peluang.

Berdasarkan hasil diskusi beberapa waktu yang lalu antar anggota milis Dunia Wirausaha, franchise Fresh Corn yang saat ini banyak terdapat di berbagai plaza, mall dan tempat-tempat strategis lainnya, masih menjadi salah satu pilihan untuk membangun sebuah usaha makanan yang cukup simple penanganannya.

Info yang didapatkan dari berbagai anggota milis Dunia Wirausaha antara lain:
Pernah dibahasnya franchise ini dalam Kontan (sayang edisinya tidak disebutkan) termasuk dengan perhitungan balik modalnya. Kebetulan dalam edisi yang sama juga dibahas mengenai franchise Bogasari dan mini market.

Artikel tersebut juga menyebutkan bagaimana seorang pembeli franchise jagung ini yg mempunyai beberapa gerobak (franchise fresh corn) berinisiatif membuka gerobak jualannya di rumah sakit yang kemudian dalam jangka waktu dua bulan bisa langsung balik modal.

Menurutnya, franchise jagung memang kurang laku jika dibuka di food court dan akan lebih berpotensi bila dibuka dekat tempat orang banyak lalu lalang karena lebih berupa cemilan, bukan makanan utama.

Salah satu franchise jagung yang dapat dihubungi adalah Daily Fresh dengan alamat sebagai berikut:

PT Sarana Pangan Makmur
Jl. Asem 2 No. 10
Cipete, jakarta Selatan
Telpon 7504688/7504694
Fax 7504693

Info untuk menjadi agen antara lain:
Sistemnya beli putus dengan biaya sbb:
1. Biaya Rp 10,000,000,- ( termasuk freezer kapasitas 50kg jagung), belum termasuk jagungnya sendiri.
2. Jika tanpa freezer, Rp 8,000,000,- belum termasuk jagungnya.
3. Kita akan terus berhubungan dengan PT. Sarana Pangan Makmur ini dalam hal pembelian jagung serta peralatan yang dibutuhkan dalam penjualan seperti cup, tutup cup dan sendoknya.

Sebagai pembeli kita perlu menyiapkan tempat juga penjaga - ilustrasi di Kontan yang disebutkan diatas, kira-kira akan memerlukan dua orang dengan gaji @Rp. 1,000,000,-/bulan.

Cara aplikasi:
Ajukan applikasi via fax ke bagian marketing dengan mencantumkan nama, alamat, telpon, fax, copy KTP juga lokasi yg akan dipakai berjualan.Selanjutnya menunggu follow up dari mereka untuk masalah pembayaran dan kontrak.

Labels:


Baca selengkapnya!