Asah Kemampuan Anda Melalui Pelatihan Komputer Online

Para professional di bidang Tekhnologi Informasi (TI) memerlukan pelatihan agar tetap ahli di bidang pekerjaan mereka. Seringkali bukan hanya membutuhkan pelatihan namun penyegaran konstan dengan materi terkini juga sangat penting. Dunia komputer yang selalu berkembang tidak dapat dinyatakan secara terang-terangan ataupun ditekan. Sebagaimana para professional di bidang lain mengalami dilemma dengan batasan waktu, demikian juga profesional IT.

Lebih banyak dan akan lebih banyak lagi professional TI mencari pelatihan komputer secara online; entah untuk peningkatan keterampilan atau belajar sesuatu yang baru. Perilaku dalam mencari keterampilan baru maupun meningkatkannya secara online secara relative merupakan proses yang mudah. Google search untuk pelatihan komputer online pada bidang yang kita inginkan akan memberikan banyak hasil. Institusi pelatihan Komputer telah lama mengenali kebutuhan akan pelatihan online. Pada awalnya pelatihan komputer merupakan niche pasar yang hanya diisi oleh beberapa institusi saja, namun seiring dengan meningkatnya permintaan, meningkat juga jumlah penyedia jasa ini.

Sebelum mendaftar pada sebuah pelatihan komputer online, ada hal-hal yang harus dilengkapi oleh calon siswa. Pemeriksaan secara cepat mengenai kredibilitas dari salah satu institusi tersebut cukup mudah. Google search untuk akreditasi sekolah pelatihan komputer online akan memberikan nilai awal yang baik serta sehat. Sementara hal ini sepertinya menjadi suatu pergerakan yang umum, banyak orang gagal dalam mencari area ini secara teliti. Mereka telah dijejali atau bahkan sepenuhnya dikelabui oleh pendidikan dolar mereka oleh institusi “pelatihan” yang kurang memiliki reputasi. Untungnya, belakangan ini ada pemeriksaan dan keseimbangan dalam mengurangi kemungkinan penipuan. Dalam beberapa kasus, institusi keuangan dan pemerintahan yang memberi pinjaman meminta bukti akreditasi sebelum mengeluarkan dana bagi institusi pelatihan. Bahkan persyaratan yang lebih ketat dikenakan kepada institusi “pelatihan”.

Beberapa sekolah pelatihan komputer online mengaku menyelesaikan pengajaran dalam waktu dua minggu dimana normalnya membutuhkan waktu satu bulan untuk menyelesaikannya. Mereka berjanji memberikan dukungan 24 jam penuh sampai 800 nomor dalam satu email. Dalam hal ini mereka menyediakan pengajar pelatihan komputer yaitu professional IT yang terlatih. Sebagamana halnya dengan usaha yang lain, layak tidaknya berhubungan langsung dengan apa yang anda tekuni.

Apakah anda mencari ijasah baru atau meningkatkan kemampuan anda, menyelesaikan pelatihan komputer online adalah suatu tugas yang relatif mudah. Kursus online ini biasanya disusun untuk memberikan kepada siswanya kesempatan untuk memberi perintah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Instruksi sesuai dengan kemampuan masing-masing ini telah banyak membantu dalam mempopulerkan pencarian pelatihan komputer online semacam itu. Umumnya, melalui instruksi sesuai dengan kemampuan masing-masing ini membutuhkan waktu yang lebih sedikit dalam menyelesaikan kursus dibandingkan dengan yang maksimum Artinya, untuk mencapai 14 jam pelatihan dalam kemampuan yang bagus, siswa dilarang menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 14 jam, sehingga integritas ijasah tetap terjaga. Aspek lain dari pelatihan semacam ini adalah mengikuti perkembangan kemajuan siswa. Kemajuan siswa disimpan bersama dengan data-data pendukung yang lain. Dengan cara ini, siswa dapat saja berhenti pada tingkat tertentu yang dan memulai kembali di mana mereka berhenti tadi di kemudian hari.

Kesimpulannya, apakah mengasah keterampilan atau mencari keterampilan baru melalui pelatihan komputer secara online merupakan proses yang praktis dan sederhana.

Labels: ,


Baca selengkapnya!

Bagaimana Meningkatkan Properti Tanpa Resiko

Ada beberapa cara untuk meningkatkan property tanpa resiko. Kami tuliskan beberapa yang paling penting, sebagai berikut:

* Batasi jumlah investasi serta jumlah hutang.

* Jual dengan laba diluar dari yang pembelian anda

* Hanya beli property yang anda ingin dan dapat tahan selama periode tertentu saja.

* Buat perkiraan probabilitas untung rugi sebelum membeli.

* Tahan semua tekanan dari orang-orang yang mencoba mempengaruhi anda untuk menjual secara rugi (di bawah harga)

* Buat property anda menjadi menarik sebelum dijual

* Pelajari dampak dari perkembangan, pergerakan serta kegiatan lingkungan sekitar. TIngkatkan kemampuan untuk membeli Real Estate yang memiliki potensi terbesar untuk masa depan. Pembeli Real Estate yang berhasil memiliki pengetahuan yang baik tentang fakta dan aturan-aturan, belajar dari berbagai macam keadaan. Mereka menyadari pentingnya membuat sebuah pinvestigasi. Mereka tahu kondisi ekonomi dan bisnis baik secara local maupun nasional. Mereka mempelajari gaya hidup, pertumbuhan wilayah serta penggunaan property. Mereka memiliki ide yang tepat mengenai batas keuangan pribadi. Memiliki ketertarikan, penilaian serta imajinasi yang tinggi.

* Kemampuan beradaptasi, ketahanan serta kemampuan yang tinggi untuk menyelesaikan masalah juga merupakan elemen agar berhasi dalam berinvestasi di bidang Real Estate. Keinginan untuk menjadi pemilik dan tidak bersedia untuk terjerat hutang juga sangat penting.

* Apabila sebuah property sepertinya mengalami penurunan harga yang besar, jangan membuat pernyataan di atas harga. Buat daftar untung rugi dari tiap-tiap properti. Pasti ada beberapa hal-hal luar biasa dari tiap-tiap property yang membangkitkan antusiasme. Putuskan untuk membeli property karena nilai lebih yang dimilikinya, bukan atas saran orang lain. Apabila anda gagal, yang terbaik akan menyusul. Jangan ikuti naluri berspekulasi.

* Apabila anda membeli property untuk ditahan untuk waktu yang lama, hitung pajaknya, nilai interestnya, asuransi, dll karena andalah harus membayarnya selama itu ada di tangan anda.

* Sadari bahwa pada saat pasar sedang bagus dan harga juga naik anda selalu dapat membeli, tapi ketika pasaran sedang turun akan sulit untuk menjual. Jangan menjual terlalu cepat, tapi jangan juga terlalu lama menahan diri anda.

* Sadari bahwa penignkatan nilai lebih (rumah, bangunan, dll) adalah hasil dari menigkatnya populasi.

* Jika anda tertarik untuk bernvestasi di bidang Real Estate dengan KPR, cara terbaik untuk dapat berhasil ialah dengan membangun sebuah rencana keuangan berdasar pada pajak anda sehingga anda akan tahu kapan harus melepas sebuah property atau mempertahankannya demi peningkatan nilainya di masa mendatang. Anda perlu untuk mengetahui manakala ada equity "tersembunyi" yang tidak tampak oleh investor lain. Cari rumah yang berusia 5 sampai 20 tahun dengan potensial keuntungan bersih tidak kurang dari $4,000 ketika dipindahtangankan.

* Pahami peraturan di tempat anda tinggal mengenai proses KPR. Baca dengan seksama semua yang tertulis di dalam kontrak. Biasanya cenderung menguntungkan si penjual. Jika anda adalah pembali, minta agar kontrak tersebut diubah sesuai dengan persyaratan dari anda.

* Hati-hati dalam pelelangan agar anda tidak terbawa oleh harga yang ditawarkan; tentukan sebelumnya harga tertinggi anda dan tetap pada harga tersebut.

* Usahakan untuk mencari serta membeli property yang mengalami kesulitan sebelum proses KPR dimulai dan anda biasanya dapat memperkirakan nilai pinjaman konvensional pada situasi yang sama dengan situasi yang ada sekarang.

* Manakala anda membeli property di pasar Real Estate yang lambat, lebih mudah bagi anda untuk mrnjualnya karena mungkin anda memperolehnya dengan harga beberapa ratus ribu di bawah harga pasar sekarang.

* Adalah suatu kebijakan yang apabila anda menjual beberapa property anda dan menyimpannya sebagian. Misalnya, jika anda dapat menjual setengah dari property anda dan memeroleh kembali sebagian besar uang anda, anda akan dapat menyimpan sisanya untuk perbaikan mendatang dan memakai proses penjualan tersebut untuk berspekulasi dengan property yang lain.

* Spekulasi tidak sepenuhnya menguntungkan. Seiring dengan waktu, pajak dan pembayaran lain bertambah; beberapa property mungkin harus dijual untuk menutupi pertambahan biaya tersebut.

* Perbedaan terbesar dari seseorang yang membeli Real Estate ialah takut melakukan kesalahan. Tentu saja seseorang tidak dapt mencegah untuk tidak membuat kesalahan dalam spekulasi Real Estate sama seperti di bisnis yang lain.

* Selama masa inflasi, tanah merupakan investasi terbaik. Selama masa resesi atau depresi, tanah merupakan investasi terburuk. Apabila sebuah resesi muncul lakukan penjualan yang tidak diinginkan, bahkan jika dalam sebah kontrak untuk dow payment yang memungkinkan serta pembayaran bulanan dalam neraca. Anda akan memiliki pendapatan dan juga memiliki property sebagai jaminan. Anda dapat yakin selama kondisi ekonomi secar umum bagus, nilai dari Real Estate yang dipilih secara baik akan meningkat.


* Jumlah populasi meningkat dengan adanya rata-rata kelahiran dan perpindahan penduduk. Periksa untuk menentukan kondis ekonomi setempat di masa lalu, permintaan atas sarana umum serta potensi pertumbuhan di masa mendatang. Fakta bahwa sebuah kota telah meningkat populasinya tidaklah begitu jelas. Ungkin karena adanya wilayah yang saling berbatasan.

Benar! Dengan membandingkan, mempelajari serta menggunakan naluri yang baik anda dapat memperoleh untung dari bidang Real Estate terlepas dari adanya resesi, depresi, suku bunga atau inflasi!.....Dan tanpa resiko yang besar!

Labels:


Baca selengkapnya!

Famous Business Saying / Quotes

"A business that makes nothing but money is a poor kind of business"-Henry Ford

"I viewed it as a business, but I always viewed it as a game. An opportunity to show my skills, my basketball skills, amongst the best in the world"-Michael Jordan

"Fear will keep you alive in a war. Fear will keep you alive in business. There's nothing wrong with being afraid at all"-Norman Schwarzkopf

"Keep your thinking right And your business will be right"-Zig Ziglar

"In the past a leader was a boss. Today’s leaders must be partners with their people.. they no longer can lead solely based on positional power"-Ken Blanchard

"Home business simply give you control of your own time being your own boss doing things you like"-Unknown

Labels: ,


Baca selengkapnya!

Reksadana Shcroder

Dalam Milis Dunia Wirausaha, sering muncul topik diskusi mengenai saham, reksadana dan aneka bentuk investasi lainnya. Beberapa waktu yang lalu, muncul beberapa pertanyaan tentang PT Schroder Investment Management Indonesia.

Misalnya mengenai apakah betul, hanya bank seperti Standard Chartered yang bisa menjual Schroder? Betulkah dibutuhkan dana minimal Rp 100 juta?

Berikut masukan dari anggota Milis Dunia Wirausaha:

Untuk jenis Campuran Schroder Dana Prestasi memang kinerjanya saat ini sedang bagus (1 thn Rill 43,71% - data 31 Januari 20 05)

Sebagai perbandingan: Dana Megah Kapitalnya Trimegah juga dalam kondisi bagus (1 thn rill 57,75% - data 31 Jan 2005) Sidana Saham Di Batavia juga saat ini kinerjanya sedang bagus (sumber e-samuel.com & Bapepam 31 Januari 2005)

Ada yang merasa kurang sreg atau kurang tertarik untuk membeli langsung MInya karena alasan sering menimbulkan biaya (biasanya karena pembelian lewat agen), namun Schroder menerapkan aturan ini.

Keterangan dibawah adalah minimum investasi untuk produk-produk MI (tinggal bayar lewat bank kostudian), dimana untuk Schroders tetap minimal Rp 10 jt dan lewat fund distributors, tidak bisa langsung beli ke SMI:
Trimegah minimum Rp 250rb
Bhakti Asset Mgt minimum Rp 1jt
Mega Capital minimum Rp 100rb
Mandiri Investa minimum RP 10jt

Beberapa anggota Milis Dunia Wirausaha menyarankan untuk menghubungi Sdr. Bonny Iriawan, salah satu manager Schroders di 021-5204550 ext. 107 atau email bonny.iriawan@schroders.com atau menghubungi kantor perusahaan yang berdiri di Indonesia sejak tahun 1991 ini di:
Lippo Plaza Building, 10th Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Jakarta 12920
Telephone +62 21 520 4550
Fax +62 21 522 9789

Labels:


Baca selengkapnya!

Usaha dengan Modal Kecil, Mungkinkah?

Memiliki sebuah usaha atau bisnis sendiri rasanya adalah imipian banyak orang saat ini. Namun, betulkah untuk memiliki sebuah usaha diperlukan modal yang besar? Pasti banyak yang akan menjawab, tergantung jenis usahanya. Lalu seberapa besarkah modal yang dianggap besar tersebut? Ini pun merupakan sebuah pertanyaan yang jawabannya bisa beragam.

Salah seorang anggota Milis Dunia Wirausaha melemparkan sebuah pertanyaan ke forum beberapa waktu yang lalu. Pertanyaannya adalah "Usaha apa yg bisa dimulai dengan modal lima juta rupiah?"

Ternyata pertanyaan ini ditanggapi oleh beberapa anggota milis dengan sikap yang berbeda.
Ada yang menyarankan M.LM. Jenis usaha yang punya tantangan tersendiri terutama dalam memilah-milah mana M.LM yang "benar" dan mana yang sekedar money game dengan iming-iming tawaran income yang cepat dan besar.

Beberapa orang menyarankan usaha franchise skala kecil seperti yang saat ini ditawarkan oleh sebuah merek bahan makanan terkenal, Bogasari.
Saat ini Bogasari telah menawarkan berbagai jenis waralaba seperti kios jualan hambuger, mie, dll. Modalnya bervariasi tentunya, mulai dari delapan setengah juta keatas, dengan berbagai kemudahan kredit.

Fresh Corn dan Burger Edam pun sempat menjadi usulan jenis usaha -- yang memerlukan pemikiran tempat yang strategis agar prospeknya bagus.

Ada pula yang menyarankan berjualan kue-kue basah ke kantor-kantor karena biasanya para pekerja kantoran ini tidak sempat sarapan di rumah. Syaratnya, jualannya harus pagi hari dan pilih kantor yang ada di ruko atau gedung-gedung kecil, karena biasanya administrasi akan lebih sulit untuk dapat berjualan di gedung-gedung perkantoran yang besar.

Selain menjual makanan sarapan pagi, berjualan (atau menerima pesanan) makanan kecil menjelang akhir pekan ternyata menjadi salah satu masukan berharga lainnya. Misalnya mpek-mpek, brownies, makaroni panggang -- cocok sebagai pelengkap akhir pekan para pekerja kantoran atau ibu-ibu kantoran yang tidak sempat memasak. Disarankan untuk memberikan penawaran harga dan sample terlebih dulu, hari Rabu diharapkan pesanan sudah mulai masuk dan pada hari Jum'at makanan yang dipesan pun tinggal diantar.

Diantara reaksi positif ternyata ada pula yang cenderung negatif dengan mengatakan bahwa dengan modal tersebut, kita tidak bisa terlalu berharap banyak. Betulkah?
Ternyata banyak yang tidak sependapat. Kesimpulan dari beberapa masukan anggota Milis Dunia Wirausaha menyebutkan bahwa modal utama dalam membuka usaha adalah kemauan dan kerja keras. Justru, jangan berharap terlalu banyak dari usaha tersebut tanpa kedua hal ini.
Namun adakah usaha yang betul-betul tidak memerlukan modal?

Rasanya memang tanpa modal (uang) tidak mungkin bisa memulai usaha. Tetapi ada lagi sebuah masukan yang muncul saat diskusi ini berlangsung, tentang pendapat (atau ajaran) seseorang bahwa teori ini tidak berlaku bagi orang-orang yang 'nekat.'

Beberapa tips diberikan untuk bisa memulai usaha dengan modal relatif kecil, antara lain:

-Tabunglah keuntungan yang kecil itu untuk menambah modal, agar usaha sedikit demi sedikit menjadi lebih besar. Setelah usahanya nampak propektif, pasti akan dilirik oleh investor ataupun perbankan untuk menawarkan pinjaman modal.

-Membuat proposal tentang rencana usaha yang akan digeluti, sebagai alat yang bisa dipakai untuk meyakinkan orang lain yang mempunyai modal. Mungkin teman, pelanggan atau yang lain sebagai sumber permodalan yang bukan dari lembaga keuangan. -Hal ini penting, karena tidak semua permodalan dapat diperoleh dari perbankan bila kita akan memulai usaha. Ada juga orang yang memulai usahanya dengan modal dari orang lain, bisa dengan pola bagi hasil atau kerja sama dalam bentuk lain.

-Dengan kreatifitas, yang belum tentu orang lain bisa melakukannya.

Selamat mencoba dan jangan mudah berputus asa!

Labels: ,


Baca selengkapnya!

Hedging Via Foreign Exchange Trading

Anggap saja ayah ketiga punya kondisi yang sama dengan ayah pertama dan ayah kedua. Tapi bedanya, ia menggunakan transaksi forward untuk mendapatkan dollarnya. Ia beli dollar di bank dengan transaksi forward sebagai berikut,beli dollar untuk diserahkan tahun depan dengan harga 9000. Ketika sudahsaatnya tiba, berapapun harga dollarnya tahun depan nanti, bank harus menjual dollar dengan harga 9000. Kalau harga dollar di atas 9000, maka siayah untung karena beli dollar dengan harga lebih murah sementara banknyarugi. Sebaliknya kalau tahun depan ternyata harga dollar di bawah 9000, maka bank untung karena bisa jual dollar dengan harga tinggi tapi si ayah jadi rugi. Dalam kasus ini, transaksi forex menurut saya sudah masuk judi.

Hutang PT Ali akan jatuh tempo sebesar USD 100,000 pada September 15 2005. Pada tanggal 14 Februari 2005 Kurs US$ adalah USD 1 = Rp. 9200,-. Dengan tingkat operasional yang cukup baik pada saat ini, Cash Flowuntuk 6 bulan ke depan dianggap cukup memadai untuk membayar hutang tersebut. Kondisi Perekenomian between Indonesia dan Amerika cukup sulit di prediksi, mengingat dinamikanya perekenomian Dunia saat ini. PT. ALI tidak mau berspekulasi atas fluktuasi kurs IDR/USD

Apakah yang harus di lakukan PT Ali ?? Ada dua pilihan yang di berikan Penasehat Investasinya PT ALI, yaitu PT. NOOR:

1. Tabung dan depositokan uang sebesar USD 16,000 per bulan selama 5 bulan dan US$ 20,000 pada bulan ke enam untuk mencukupi us$ sebesar USd 100,000 Dengan melakukan Dollar Cost Averaging ini, maka PT. ALI akan mentransfer risiko mata uangnya dengan cara membagi rata ke Monthly Cashflownya, sehingga didapat rata2 Kurs selama 6 bulan tersebut.

2. PT ALI melakukan Hedging tanggal 15 February di Forward/Future Market dengan cara melakukan Long/Beli USD 100,000 seharga Rp. 9200 dengan Margin USD 10,000 dan Risk Management sebesar USD 20,000 --> jadi Fund yang dipersiapkan adalah 30% dari total exposure yang akan dihadapi September mendatang. Sebagai catatan bahwa PT ALI merasa nyaman dengan kurs 9200 (jangan lebih) ditinjau dari Kondisi keuangan Perusahaan baik liquiditasnya maupun Profitabilitasnya.

Pada 1 - 15 September 2005, PT ALI harus meliquidasi posisi beli/longnya tersebut dengan cara melakukan jual/Covering Short di Futures/Forward Market. Sementara itu pada waktu yang bersamaan, dia harus Melakukan BELI USD 100,000 dan langsung membayar Hutangnya.

Dengan melakukan hedging tersebut, maka PT. ALI akan mentransfer Financial Risknya kepada Lawan Transaksinya (Bank dengan Investment Portfolionya yang besar, asumsi bahwa Bank tersebut adalah bank yang profesional dalam mengelola Portfolionya, jadi tidak hanya satu transaksi saja) atau Individual/Institusional Trader or Hedger yang bertransaksi di pasar futures. Ada tiga consideration yang dipikirkan oleh PT ALI untuk menanggapi sara PT. NOOR.

1. Bagaimana mekanismenya yang efficient dan effective (untuk kedua alternative)

2. Liquiditas/Cashflow per bulannya.

3. Financial Risk Managementnya

4. Apakah saran ini merupakan Business Solution or ..... Business Speculation.

5. Tidak menanggapi PT NOOR, stay and do business as usual and try to speculate the Forex Market and berharap bahwa Pada bulan September ... kursnya tidak melebihi 9200.?.?

Alinoor
http://www.bisnisviainternet.info/

Labels:


Baca selengkapnya!

Tips Memilih Jenis REKSADANA ditinjau dari Risiko

Secara umum, ada 4 jenis Reksadana yang di tawarkan di Market:

1. Reksadana Pasar Uang
Manager Investasi (MI) yang menawarkan RDPU biasanya membagi portfolionya ke produk investasi seperti SBI (Sertifikat Bank Indonesia), Deposito, Cash dan Onvernight Fund di Pasar Uang Antar Bank. Tingkat risikonya rendah, mengingat produk Deposito masih di jamin Bank Indonesia dan SBI saat ini masih menjadi instrument favourit Bank Indonesia untuk memonitor perkembangan pasar uang.

2. Reksadana Pasar Obligasi
Sekarang ini, Pasar Obligasi sedang menurun,setelah di landa booming selama kurang lebih 1,5 tahun. Pasar obligasi cukup tinggi tingkat pendapatannya apabila tingkat suku bunga Bank rendah dan instrument pasar modal juga sedang lesu. Sebenarnya tingkat risiko di pasar Obligasi terbilang sangat rendah, namun di Indonesia kita masih harus mempertimbangkan EMITEN yang melepas Obligasinya. Oleh karena itu MI banyak mempromosikan FIXED INCOME untuk obligasi pemerintah. Karena tentunya boleh dibilang Free Risk (theorynya). Namun harus diingat .. bahwa apabila di investasikan semuanya ke Obligasi Pemerintah, maka... tingkat pengembaliannya sangat rendah, jadi kurang TOPlah. Biasanya MI mengalokasikan ke Obligasi BUMN dan perusahaan swasta lainnya.

3. Reksadana Pasar Campuran
Nah .. yang ini saya sebut reksadana ... Pancasila .. hehe, karena maunya cari aman saja. Pasar Modal juga, Pasar uang juga, pasar obligasi juga. Saya mereferensikan produk ini untuk sekarang ... curang ya. Karena saat ini Pasar Modal sedang bagus2nya ... hati2 longsor, Deposito udah payah, SBI masih cukup lumayan, sedangkan Obligasi juga belum turun2 banget. Jadi Reksadana Pancasila ini memilikit tingkat risiko yang lumayan rendah , namun returnnya cukup bagus.Tapi ingat, monitor pasar juga dengan jalan bertanya kepada MI nya or Representativenya tentang Alokasi Portfolionya. Janga sampai kecebur got.

4. Reksadana Pasar Modal
Nah .. ini yang di referensikan oleh Robert G. Allen (tersirat sich) but remember ... OTLR ... Over The Long Run. Kalau mau investasi di Reksadana ..., you should put it for the Long Run. Karena kalau monitor every day ... hati2 ya, bisa bingung nantinya. Disini ... anda harus benar2 choosy akan MI, karena potensi gainnya Tinggi sementara tk risikonya juga tinggi. Yang saya masih concern, adalah belum adanya sarana lindung nilai yang memadai untuk Portfolio Investment di Indonesia. Could you imagine if the Market crash ... seperti 1998, hmm, orang yang mau investasi jangka panjang, bisa ragu2 dan meliquidasi posisinya.

Ali Indradjit
http://www.bisnisviainternet.info/

Labels:


Baca selengkapnya!

Kenapa Investasi di Reksadana?

Reksadana adalah kumpulan dana yang di kelola oleh Fund Manager or Investment Manager yang memiliki lisensi. Kenapa sih kok bisa ada reksadana ? Memang banyak orang lebih senang untuk investasi sendiri dengan potensi keuntungan dan risiko yang tinggi.

Begini alasannya, kalau kita mau investasi sendiri di Pasar Modal, Uang, Obligasi dan derivatif sih boleh2 saja, hanya membutuhkan dana yang cukup besar. Kita harus memperhitungkan apa yang disebut Risk & Return, agak sulit untuk mendapatkan hasil yang maximal bila menggunakan dana yang kecil. It takes Money to Earn Money,right
Mas .. mas, dana yang kecil itu maksudnya berapa ya?Begini ya, untuk main saham .. broker menyarankan untuk membuka rekening dengan range dari 10 juta sampai 50 juta. Kalau kurang dari itu .. kayaknya itu hanya strategy Marketing saja...

Coba dech harga TLKM Telkom saja sekarang sudah Rp 5.000,- per share. Rp. 5.000 x 500(lot) = Rp. 2.500.000 per lot ... nah itu adalah minimum transaksi kalo mau main saham Telkom.

Contoh lagi ... Pasar Uang: Misalnya kita punya uang 50 juta rupiah lalu didepositokan paling hanya dapat bunga 6,5% potong pajak lagi. Tapi kalau punya 2 milyar rupiah kan bisa nego sama pihak bank, mungkin nantinya di kasih 8%. Jadi dengan berinvestasi di Reksadana tuh ,,kita sama saja patungan dengan investor lain ... lalu bayar ke orang .. untuk di investasikan ke Produk2 Keuangan dengan hak seperti orang yang memiliki duit banyak .. gitu. Investasi di produk keuangan Reksadana terbagi menjadi.Jadi kalau memiliki keterbatasan waktu, dana dan pengetahuan ... gunakanlah Reksadana sebagai instrumen investasi untuk dapat andil di Pasar Modal, Pasar Uang, Pasar Obligasi dll.

Ada empat jenis Produk Reksadana secara umum :
1. Reksadana Saham
2. Reksadana Campuran
3. Reksadana Pendapatan Tetap (obligasi etc)
3. Reksadana Pasar Uang

Reksadana Saham ... adalah jenis yang paling tinggi returnnya namun tentu Risiko paling juga, sedangkan Reksadana Pasar Uang memiliki karakteristik yang paling minim risikonya , karena sebagian besar dananya hanya ada di Deposito. Tapi ada juga sich yang mengatakan bahwa risiko di Pendapatan Tetap adalah yang paling kecil. Namun itu semua tergantung Fund Managernya. Biasanya sich Fund Manager mengatur Reksadananya tersebut dengan alokasi yang sifatnya mixed namun cukup marketable.

Ali Indradjit
www.BisnisViaInternet.info

Artikel Lain:
Tips Memilih Reksadana
Reksadana Schroder

Labels:


Baca selengkapnya!

Berinvestasi Saham & Reksadana

Saat ini ada berbagai model investasi yang bisa kita lakukan. Namun sebelumnya ternyata ada langkah-langkah dan hal-hal yang harus menjadi perhatian. Berdasarkan masukan dan diskusi beberapa anggota Milis Dunia Wirausaha inilah hal-hal berikut.

Yang pertama adalah mengukur risk profile diri kita masing-masing. Risk profile setiap orang itu berbeda; ada yang berhati-hati, moderat, tapi ada juga yang agresif (berani).
Apabila dilihat dari segi usia maka UMUMNYA untuk orang yang berusia
-35 thn ke bawah -> agresif (saham)
-35-50 thn -> moderat (reksadana)
-50 thn ke atas -> berhati-hati (deposito)

Dari produk investasi yang ada di Indonesia, maka tingkat resikonya bisa diurutkan, dimulai dari yang paling rendah : deposito -> reksadana -> saham -> derivatif.

Semua produk investasi diatas memiliki tingkat risikonya masing-masing, makin kekanan, makin tinggi resikonya.

Sebelum melakukan investasi, ukur dulu risk profile diri, kemudian pilihlah produk investasinya. Dalam berinvestasi, harus mempersiapkan diri untuk (bisa saja) kehilangan uang alias merugi.

Memilih reksadana yang baik, ibarat memilih restoran. Makin pandai kokinya, makin enak masakannya. Makin pandai fund manager-nya, makin bagus return-nya.

Belum lama ini, ada sebuah majalah yang membuat rating 20 reksadana yang memiliki return terbaik menurut jenisnya masing-masing. Berdasarkan ingatan salah seorang anggota milis Dunia Wirausaha, nomor satu adalah Panin, kemudian Schroder (untuk reksadana saham).
Sebetulnya cara 'mudahnya' adalah memilih waktu yang tepat untuk membelinya, yaitu saat pasar bursa sedang bullish (naik) dan bukan saat bearish (turun).

Anjuran bagi yang belum familiar dengan Reksadana:
Jangan tergiur dgn return yg tinggi, ingat "high risk high return", jadi return yg tinggi pasti resikonya juga tinggi.

Secara umum reksadana terbagi empat jenis penempatan:
-Reksadana pasar uang (dana ditempatkan oleh fund manager di surat berharga jangka pendek seperi deposito atau SBI)
-Reksadana pendapatan tetap (ditempatkan di obligasi korporasi atau surat utang negara) -Reksadana saham (di ekuitas)
-Reksadana campuran

Di saat bursa saham sedang bullish, yg memberikan return paling tinggi adalah reksadana saham, namun risikonya juga tinggi.

Pilihlah reksadana atas dasar fund manager yg mengelola dana. Yang sudah terkenal piawai diantaranya Schroders dan Fortis (d/h Mees Pierson).

Kalau ingin berkecimpung di saham, perlu diperhatikan karakter Anda, apakah cocok sebagai:
-Trader (trading harian/mingguan)
-Speculator (mengambil posisi mingguan/bulanan) atau
-Investor (mengambil posisi bulanan/tahunan).

Sebagai masukan:
-Menjadi trader lumayan melelahkan dan menguras mental, walaupun trader yang sukses bisa dengan mudah mendapatkan profit harian Rp 5,000,000,- - Rp 10,000,000.

-Untuk jual beli saham harus melalui perusahaan sekuritas. Biasanya mereka minta initial deposit (antara Rp 5,000,000,- - Rp 50,000,000,-). Deposit ini hanya sebagai tanda bonafidiats, nantinya bisa dipakai untuk beli saham. Fee transaksi bervariasi antara 0.25-0.35% dari nilai transaksi jual atau beli. Settlement transaksi saat ini adalah T+3 baik beli maupun jual.
-Untuk memonitor harga saham selain di gallery bisa juga di internet, salah satunya melalui yahoo finance, tinggal ketik stock code misalnya ASII.JK (Astra International).

-Bisa pula bergabung dengan para street-smart trader/speculator di http://www.klubsaham.com/ untuk mengenal dunia saham lebih jauh.

-Untuk mengetahui perkembangan saham, bisa kunjungi web http://www.e-bursa.com/ Profit trading trading jangka pendek

Umumnya untuk mendapatkan profit diatas 100 persen banyak terjadi di Pasar Saham, Pasar Uang maupun Pasar Derivative. Namun minimun time horizonnya harus diperlihatkan selama satu tahun. Jangan di annualized. Tapi real positif cashflow yang masuk rekening. dalam dunia investasi yang penting adalah Cashflow selama periode tertentu. Untuk berinvsetasi di Reksadana bisa dicoba melihat-lihat melalui di http://www.e-samuel.com/, yang antara lain memiliki link belajar reksadana, telp CS nya Trimegah, mau memberikan penjelasan melalui telpon dan invistasi awal yang relatif murah.

Modal Kecil
Umumnya, modal besar maka pilihan investasinya lebih beragam dan bisa membeli saham yang bagus-bagus (dan biasanya relatif lebih mahal). Walalupun tidak berarti modal kecil tidak bisa ikut meramaikan pasar saham dan reksadana.

Ada yang menganjurkan, apabila modal anda 'pas-pasan' maka ikuti daytrade saja, yaitu tidak usah punya stok saham alias stok yang dibeli pagi hari dijual di sessi 2. Tapi cara ini mengharuskan kita untuk selalu memantau harga agar tidak kecolongan atau harus benar-benar memilih orang/sales yang jujur. Hal ini untuk menghindari kecurangan mengambil untung saham saat kenaikan harga,

Pendapat lain mengatakan, apabila ingin mencoba main saham dengan modal dibawah Rp 50,000,000 maka bisa melalui http://www.e-samuel.com/. Minimumnya adalah Rp 2,000,000 - Rp 3,000,000,- tapi dengan biaya bulanan Rp 100,000,- dimana harga ini relatif mahal karena langsung pasang order ke BEJ, kalau yang lain harus melalui broker. Dengan dana yang "hanya" Rp 3,000,000 berarti harus punya return lebih besar dari 3.3% per bulan hanya untuk menutupi biaya bulanan tersebut.

Dengan modal yang sama pula bisa mulai berinvestasi di http://www.indofinanz.com/.
Pengalaman beberapa anggota Milis Dunia Wirausaha dalam bertransaksi:

-Salah seorang anggota milis DW memilih http://www.e-samuel.com/ karena perkembangan NAB dan NAV nya bagus, bisa sampai 60% per tahun.

-Fee yang umum untuk transaksi saham adalah 0.0025 (beli) dan 0.0035 (jual). Minimal fee per hari transaksi "hanya" Rp 15,000 dan tidak ada fee lain lagi. Modal awal juga tidak harus Rp 50,000,000,- dimana anggota DW ini memilih perusahaan yang menerapkan initial deposit Rp 10,000,000,- (Phillip, Etrading, Indofinanz).

-Ada pula anggota Dunia Wirausaha yang memasukkan uangnya melalui teman sebesar Rp 10,000,000. Laporan terakhir, mereka mendapat keuntungan sekitar Rp 900,000,-

-Berdasarkan pengalaman salah seorang anggota Milis Dunia Wirausaha yang pernah bekerja di perusahaan sekuritas, apabila kita akan melakukan jual-beli saham, maka kita harus membeli via pialang yang ada diperusahaan sekuritas. Untuk transaksi beli saham biasanya J/T pembayaran kita ke perusahaan tersebut adalah T+4 hari. misalnya transaksi tanggal 1 maka harus bayar tanggal 5. Apabila terlambat, biasanya kena penalty. Untuk jual saham J/T pembayaran dari perushaan tersebut adalah T+5.

Contoh transaksi dalam satu hari ( daytrade)
Beli CTRA 500 lbr @1000 + fee = 510.000 T+4Jual CTRA 500 lbr @1050+fee = 514.500 T+5
Apabila di Nett off dalam satu hari transaksi untung yang kita dapat adalah = 4.500, yang akan dibayarkan pada T+5

Labels:


Baca selengkapnya!

Mengenal Nettraders

Salah seorang anggota milis Dunia Wirausaha pernah mengemukakan pendapatnya tentang eCommerce dimana beliau beranggapan bahwa eCommerce hanya sebuah tool saja. Untuk yang B2B - eCommerce = tools trading yg elektronis, dan yang B2C - eCommerce = placement tools yg elektronis.

Jadi, esensi jual beli barang/jasa tetap menggunakan kaidah yang umum. Maksudnya, Netraders adalah memang seorang entrepreneur. Tapi entrepreneur tadi dibekali oleh tools eCommerce yang memungkinkan untuk mengakses dan bertransaksi di market secara global dan efisien. "Seorang pengakses warnet yang biasanya main chatting belum tentu bisa menjadi Nettraders."

Sementara itu, anggota lain dari milis Dunia Wirausaha ini, Bapak Arief Gunawan, ternyata berkeseharian di World Trade Center Jakarta dan World Trade Center University (WTCU) sebagai seorang Entrepreneur Coach yang membawakan pelatihan dan switching mindset into Entrepreneur Spirit yang goalnya adalah menjangkau seluruh Indonesia, bertujuan untuk membantu pemasarannya mencapai global market melalui jaringan kami di seluruh 336 kota di dunia dan beliau juga bekerja sebagai Executive Director untuk World Trade Center Jakarta, Jl. Jend. Sudirman Kav. 29 - 31, Jakarta.

Apa itu WTCU?
Suatu pelatihan dan pengembangan diri untuk mandiri, menciptakan dan mengembangkan profesi2 alternatif yang bersifat self employed.

Hal ini muncul dari keprihatinan beliau dengan sistem pendidikan di Indonesia yang tidak sama sekali melihat ataupun menoleh Kewirausahaan. Apalagi di jaman pasar global ataupun istilahnya free market, dimana kita ketinggalan sangat jauh sekali dibandingkan negara tetangga ataupun yang sudah maju yang herannya mereka malah tidak mempunyai sumber daya alam atau source yang - dengan hanya bermodal great location country mereka bisa menjadi best 5 country trade -- Indonesia yang notabene banyak sekali sourcenya malah menjadi korban atau terjajah perdagangan ataupun ekonomi, dengan over PD dan tanpa pemberdayaan sumber daya manusianya ikut dan yang pertama lagi menandatangani AFTA.

Dengan country view yang menyedihkan inilah, WTCU terpanggil dan ingin mendidik kawula muda Indonesia (kenapa yang muda? Karena "capek" dengan yang tua-tua penuh dengan birokrasinya) untuk bisa andil dalam kancah persaingan yang sangat ketat dalam perdagangan global.

Banyaknya NETpreneurs muda yang mempunyai semangat tinggi adalah hal yang perlu kita kembangkan. Sebenarnya melalui jaringan sekarang ini kita bisa mengembangkan usaha masing-masing dab saling bertukar informasi. Paling tidak untuk mengembangkan pasar lokal sebelum menuju pasar global.

Apabila ada yang berminat, bisa mencoba melihat-lihat pada hyperlink http://www.wtca.org/ untuk bisa berkomunikasi dengan partner bisnis diseluruh dunia seperti yang yaitu di 336 kota di 101 negara.

Saran bagi anda yang telah melangkah ke pasar internasional:
Active browsing situs perdagangan international yang salah satunya tersebut diatas dengan betul-betul mempertimbangkan kualitas produk sebelum dipasarkan ke pasar global.
Untuk browser pasif, tidak perlu membayar biaya apasaja, hanya bisa melihat secara pasif kecuali apabila sudah ingin ikut berperan serta "bermain" didalamnya, akan lebih baik bila bergabung sebagai member HYPERLINK "http://www.wtca.org/ hanya dengan Rp. 1.500.000 seumur hidup member dan bisa mempromosikan apa saja dalam website tersebut secara aktif (berguna bagi member yang belum memiliki website sendiri karena akan mendapatkan kunci atau password yang dikirim langsung dari Head Quarter di New York).

Global NETraders bisa menjadi suatu profesi alternatif. Sehingga dengan profesi ini diharapkan bisa mengurangi pengangguran secara efektif. Daripada banyak anak-anak muda yang tampak sia-sia membuang waktu mereka berjam-jam di WarNet dengan sibuk ngobrol (chatting), berselancar (surfing, browsing) dan apalagi mencari segala sesuatu yang tidak produktif, cenderung hanya untuk kesenangan sesaat.

NETraders bisa juga dikembangkan menjadi Business NETraders Center (BNC) atau lebih kepada Strategic Business Unit untuk suatu Perusahaan, Asosiasi, Koperasi, Pelaku Bisnis bahkan bisa juga sebagai sarana untuk mengembangkan potensi dari daerah daerah yang berkeinginan menerobos pasar global.Bilamana ini dijalankan secara effective akan bisa meningkatkan perekonomian daerah di seluruh Indonesia akan lebih baik.

Labels:


Baca selengkapnya!